Header Ads

Mosi Tidak Percaya Kepada Kadishut Jabar, Eka Santosa: Forum DAS Berdedikasi Urusan Sungai

Eka Santosa pada acara dialog pagi Pro 1 RRI Bandung (Foto: Istimewa)


INFOMASYARAKAT. BANDUNG: Tokoh Masyarakat Jawa Barat juga Barisan Olot Masyarakat Adat, Eka Santosa mengungkap, mendapat keluhan dari Forum DAS Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, yang menyayangkan atas tidak profesionalnya Dinas Kehutanan Jawa Barat, yang mengadakan kegiatan resmi pembahasan mengenai Daerah Aliran Sungai (DAS), tetapi Forum DAS yang telah terbentuk berdasarkan SK Gubernur Jawa Barat tidak diundang.


"Seperti diketahui saat ini ada Forum DAS Jawa Barat, lalu ada Forum DAS Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, tetapi bila kita melihat lampiran surat undangan dari Dinas Kehutanan Jawa Barat, banyak perorangan-perorangan yang diundang tidak berkompeten dalam urusan sungai," ungkap Eka Santosa, pada dialog pagi RRI Bandung, Kamis (14/12/2023).


Eka menyayangkan sikap Dinas Kehutanan Jawa Barat, yang kurang bijak dalam hal menempatkan secara proporsional kepada pihak yang memang memiliki kompetensi dan dedikasi terhadap Daerah Aliran Sungai.


"Bagaimana jadinya membahas Daerah Aliran Sungai tetapi Forum DAS nya tidak diundang, tapi yang diundang orang yang tidak memiliki kompetensi, lalu apa relevansinya membahas Daerah Aliran Sungai dengan perorangan itu, artinya perorangan yang tidak kompeten mengalahkan lembaga," tegas Eka.


"Jadi saya tegaskan Dinas Kehutanan Jawa Barat tinggalkanlah cara-cara diskriminatif dan tidak menghargai pengabdian masyarakat," bebernya.


Menurutnya, tidak mungkin program DAS itu akan selesai bila tidak melibatkan masyarakat, dan tidak mungkin selesai kalau pendekatannya bukan budaya, "Maka kalau pendekatannya proyek ya kejadiannya seperti ini," ujarnya.


"Saya 10 tahun lebih menjadi Ketua Forum DAS Citarum yang pada akhirnya menghasilkan regulasi, dan kami menyampaikan langsung kepada Luhut Binsar Panjaitan," ungkap Eka Santosa.


Diketahui sebelumnya, Ketua Forum Komunikasi (FK) Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Cirebon, yang juga Ketua Forum Masyarakat Cinta Sungai, Bambang Sasongko mengajukan mosi tidak percaya kepada Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Provinsi Jawa Barat Dodit Ardian Pancapana, pun mosi tidak percaya akan diteruskan kepada Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin.


Mosi tidak percaya itu berdasarkan, Forum DAS Kab/Kota tidak diundang di kegiatan Penyelenggaraan Pengembangan Kelembagaan Pengelolaan DAS Tahun Anggaran 2023, dengan agenda Rapat Kerja Kelembagaan Pengelolaan DAS Provinsi Jawa Barat, pada 14 hingga 15 Desember, di EL Royal Hotel Bandung.


"Apa yang kami kerjakan selama ini percuma saja, itu saya sesalkan, apabila yang mengundang kegiatan tersebut Dinas Kehutanan berarti yang bersalah pimpinannya, yaitu Kepala Dinasnya," kata Bambang.


"Maka saya melakukan koordinasi dengan para sesepuh untuk diskusi, salah satunya mantan Ketua Forum Daerah Aliran Sungai Citarum Eka Santosa, dan akhirnya kami akan membuat mosi tidak percaya kepada Kepala Dinas Kehutanan dan ditembuskan kepada Pj Gubernur Jawa Barat," pungkasnya. (*) (RMY)


#Eka Santosa# 

Tidak ada komentar