Header Ads

Bacang Panas Braga, Kuliner Murah Jalan Braga Bandung


Infomasyarakat.com, Kuliner - Bandung kini terkenal sebagai wisata kotanya. bagi Anda yang berencana liburan ke kota bandung, tak lengkap rasanya jika tidak sekalian jalan-jalan di kawasan bersejarah jalan Asia-Afrika. karena dikawasan sudah terkenal memiliki beberapa lokasi yang berdekatan yang menarik untuk dikunjungi, sebut saja seperti gedung merdeka, Alun-alun bandung, jalan soekarno, jalan braga dan yang lainnya. 

Bukan hanya itu, kawasan ini kini kondisinya sangat indah tertata dengan suasana klasik yang dilengkapi dengan bangku-bangkunya yang juga bergaya klasik, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi sekedar nongkrong menikmati suasana jalan dikawasan itu.

Bagi anda pecinta kuliner, disalah satu sudut kawasan ini tepatnya di Jalan Braga Kecil ada penjual keliling kuliner khas Bandung yaitu bacang, yang oleh penjualnya dinamai "Bacang Panas Braga". 

Bacang adalah makanan yang sudah umum dikenal sebagai makanan yang enak dan mengenyangkan, bacang biasanya terbuat dari beras yang direbus dan dibungkus daun kelapa yang didalamnya biasanya terdapat isian daging. 

Jajanan bacang yang dijual di Jalan Braga juga tak jauh seperti bacang pada umumnya, akan tetapi ada yang istimewa dari bacang yang dijual di jalan braga kecil ini, yaitu biasanya bacang yang dijual atau yang dijajakan tempat lain dalam kondisi sudah dingin, tapi yang di jual di jalan braga kecil ini kondisi bacangnya masih panas atau "fresh from the oven" istilahnya, dan dari penyajiannya menggunakan piring dan sendok juga dilapisi dengan selembar tisyu dibawahnya, agar pembeli tidak merasakan langsung panasnya piring karena memang bacangnya baru keluar dari panci rebus. 

Ketika penulis dari infomasyarakat.com mencoba mencicipi sekaligus berkenalan dengan penjualnya yang bernama Pak Halim, bacang yang di sajikan ketika dicicipi memang sangat memanjakan lidah dan cukup mengenyangkan, bacang yang di sajikan dalam kondisi sudah di belah dua oleh penjualnya, di dalamnya terdapat isian daging sapi dan jika kita mau kita bisa menambahkan diatasnya dengan "daging jando" yaitu daging gajih berlemak dari sapi, juga kita dapat menambahkan sambal merah sesuai selera. Tentunya bacang ini sepadan dengan harganya yang cukup murah yaitu Rp.7.000 saja per porsinya.

Pak Halim  selaku penjualnya mengatakan "biasanya saya berjualan keliling seputaran jalan braga kira-kira dimulai dari jam 6.00 sore sampai jam 12.00 malam, yah lumayan kadang habis kadang juga engga, adapun penghasilan dari jualan bacang ini lumayan saja, cukup buat makan keluarga dirumah" ujarnya. "Untuk bacang yang saya jual, kita menggunakan isian daging sapi yang bagus dan saya tetap menggunakan bungkus daun bambu agar terjaga kualitas dan seperti khasnya, ini kan demi kepuasan konsumen juga" ujarnya pula.

Pak Halim, Penjual "Bacang Panas Braga"

Tampilan Penyajian "Bacang Panas Braga"

Bagi Anda yang sedang jalan-jalan atau nongkrong di kawasan Jalan Asia-Afrika, yang mungkin ingin mencoba mencicipi "Bacang Panas Braga" ini, anda dapat menemukannya di jalan braga kecil antara Hotel Ibis dan Apotek Kimia Farma. [IM/Abbas]

Tidak ada komentar